Minggu, 23 Februari 2020


Kajian pada 21 Februari 2020

Bekerja dengan Bening Hati bersama Aa Deda (Ustadz Abdurrahman Yuri)

Hallo semua, gimana kabarnya niii…
Setelah sekian purnama, akhirnyaaa aku nge-blog lagi, yeaaay. FYI nih blog ini terbentuk karna tugas kuliah buat bikin blog gitu, dan pada akhirnya kini kuputuskan untuk melanjutkan mengisi lembar per lembar blog ini dengan hal-hal baru, yang kece, yang bagus, dan yang lebih bermanfaat tentunya.

Oke, liat judulnya aja udah bikin hati adem banget ya khan bacanya. Yups, kali ini aku mau nge-share ke kalian semua tentang kajian. Jarang-jarang kan yaa aku share ilmu hasil ikut kajian di blog heheheu. Kajian ini bertema sesuai judul diatas yaa “bekerja dengan bening hati” dimana narasumbernya adalah Ustadz H. Abdurrahman Yuri atau yang akrab disapa AA Deda. Beliau ini adalah adik kandung dari AA Gym.

Apasih yang dimaksud dengan bekerja dengan bening hati itu, pas baca judulnya kamu pasti juga bertanya-tanya bukan, and so am i. Agar lebih jelas yuuk langsung ke pembahasannya.

Jadi bekerja dengan bening hati itu maksutnya kita bekerja dengan hati yang tulus, ikhlas, serta penuh dedikasi / kesungguhan dalam bekerja dengan mengharap ridha Allah swt. semata.


Didalam kajian ini dijelaskan bahwa, ada 5 point utama yang mendasari agar bekerja dengan bening hati, yaitu:

1.    Jalan mencari amal saleh 

Aa Deda ketika menyampaikan materi kajian

Ketika bekerja pastikan pada diri kita bahwa setiap perkejaan yang kita kerjakan hanya mengharap ridha Allah swt., dan bukan berorientasi demi uang. Hal ini bertujuan agar pekerjaan yang kita lakukan mendapatkan ridha Allat swt. dan dihukumi sebagai amal saleh kita.

Dengan demikian kita akan lebih mensyukuri seberapapun yang kita hasilkan dari pekerjaan tersebut, entah sedikit atau banyaknya. Karena sesungguhnya gaji itu cukup untuk biaya hidup namun tidak cukup untuk gaya hidup, maka pandai-pandailah mensyukuri rejeki yang kita miliki. 

2.   Jalan membangun kepercayaan 

Ketika bekerja hendaknya kita lakukan dengan penuh kejujuran, dengan kejujuran akan membangun sifat amanah pada diri kita. Karna sesungguhnya bekerja itu mempertahankan pelanggan / client. Oleh karna itu sangat penting bagi kita untuk mempertahankan sikap kejujuran dalam diri kita dan kita terapkan pada setiap pekerjaan yang kita lakukan.

3.    Jalan membangun silaturahmi 

Bekerja itu sesungguhnya jalan yang tanpa kita sadari dapat membangun silaturahmi dengan sesama kita. Sebagai contoh, dengan bekerja kita mendapatkan teman baru dikantor, mengenal pelanggan baru, mengenal karyawan-karyawan baru, mengenal saudara dari rekan kantor kita itu semua merupakan saudara baru bagi kita. Karna sesungguhnya saudara itu ada 2 (dua) jenis, yakni 1) saudara karna ikatan darah, 2) saudara karena aqidah. Saudara yang kita kenal melaui jalur tersebut dapat kita golongkan menjadi saudara karena aqidah.

4.   Jalan membuka wawasan ilmu 

Bekerja dengan bening hati sesungguhnya dapat membuka wawasan ilmu kita. Karena dengan berbagai masalah yang kita hadapi di dunia kerja dapat menambah ilmu serta wawasan yang kita miliki, asalkan kita menyikapinya dengan berpikir positif.

Suasana ketika kajian berlangsung

Mengapa orang stress?
        Stress muncul karna masalah yang dihadapinya melebihi ilmu yang dimilikinya
Mengapa orang tenang?
        Ketenangan muncul karna ilmu yang dimilikinya melebihi masalah yang dihadapinya.

Oleh karena itu senantiasa berpikir positiflah atas apapun yang terjadi pada diri kita karna:

“Sesungguhnya setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah kelas, dan setiap kejadian adalah ilmu”

5.  Jalan maslahat bagi orang lain
      Bekerja dengan bening hati dapat menghadirkan maslahat bagi orang lain. Contoh:
      Seorang pedagang cendol
1)  Ia bekerja menjadi maslahat bagi orang yang haus;
2) Ia bekerja menjadi maslahat bagi pedagang tepung, gula, beras, santan, dll yang     merupakan bahan membuat cendol;
3) Ia bekerja menjadi maslahat bagi keluarga si pedagang cendol, yakni dengan ber-dagang cendol ia bisa menyekolahkan anaknya, bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

Jadi bekerja dengan bening hati itu penting untuk kita terapkan dalam melakukan setiap kegiatan pekerjaan kita, sebenarnya bisa juga nih kita terapkan dikehidupan kita sehari-hari. Jadi bukan hanya di terapkan di pekerjaan aja yaa, namun di kehidupan sehari-hari kita juga agar kehidupan kita lebih berkah.

Okay, sharing hari ini cukup segitu dulu aja yaa
Terimakasih sudah baca,





Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes