Kamis, 30 April 2020

Pic Source: google.com

 Rasa bosan melanda ketika di kantor? Lakukan ini agar si “bosan” pergi

Pekerjaan menumpuk selama seharian, sudah jadi langganan sehari-hari. Di saat seperti ini waktu luang menjadi sesuatu yang amat dinantikan. Namun bagaimana ketika rasa bosan menyapa ketika masa senggang di kantor muncul? Rasa bosan memanglah hal yang wajar melanda setiap insan. Rasa bosan bisa datang kapan saja, di mana saja, serta pada siapa saja. Bahkan ketika di kantorpun rasa bosan ini bisa menyapa begitu saja, tanpa ada pertanda sebelumnya.
Ketika rasa bosan muncul dan dibiarkan begitu saja, hal ini bisa berdampak buruk pada kinerja seseorang. Karena rasa bosan dapat merusak mood atau suasana hati seseorang menjadi buruk, serta mengakibatkan pekerjaan tidak dapat terselesaikan dengan baik akibat suasana hati yang tidak mendukung. Maka ketika rasa bosan itu menyeruap, harus disiasati dengan baik agar “si bosan” ini dapat pergi menjauh dengan sendirinya,
Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa mengembalikan mood yang buruk akibat kebosanan yang menyeruap:


1.      Gerakkan tubuhmu

Pic Source: google.com

 Merenggangkan otot dan melakukan sedikit pemanasan ketika rasa bosan muncul merupakan langkah yang tepat untuk mengusir rasa bosan. Dengan perengganggan otot maka akan membuat aliran darah menjadi lancar, serta dapat merelaksasi ketegangan pada otot sehingga otot kembali relaks dan lebih tenang. Ketika otot relaks maka secara otomatis mood berubah menjadi lebih baik, serta rasa kelelahan bisa sedikit terobati. Dengan demikian artinya kadar rasa bosan ataupun jenuh telah sedikit berkurang.
Ambillah waktu luangmu sebentar. Berdiri dari meja lalu berjalanlah ke luar ruang kerja meski itu hanya ke pantry untuk mengambil minum atau hanya untuk pergi ke toilet, ke balkon untuk melihat keadaan di luar kantor, lalu kembali lagi. Gerakan sederhana seperti ini juga bisa membantu mengusir rasa bosan.


2.      Cari inspirasi
 
Pic Source: unsplash

Cari inspirasi lewat berbagai media yang memungkinkan selama di kantor. Salah satunya dengan membaca blog favoritmu ataupun membaca buku yang dapat membantu membangkitkan mood kamu. Carilah blog ataupun buku yang dapat memotivasimu dan membahas hal-hal yang kamu sukai ataupun hal-hal baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Dengan cara seperti ini, maka rasa bosan dapat terobat dengan sendirinya karena rasa bosan tersebut dapat terlupakan dengan adanya rasa antusias ataupun senang ketika membaca blog ataupun buku-buku yang disukai.


3.      Dengarkan musik
 
Pic Source: unsplash

Mendengarkan musik bisa membantu mengembalikan suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Dengarkan musik favoritmu, penyanyi favoritmu, group band, duo, boyband atau apapun itu. Usahakan memilih music yang bernuansa lembut atau sesuaikan dengan suasan hatimu agar mood  bisa segera membaik.  


4.      Tambahkan dekorasi di ruang kerjamu
 

Pic Source: google.com
Berikan sentuhan-sentuhan pernak-pernik simple yang sesuai dengan dirimu, agar ruang kerja menjadi lebih hidup dan tidak monoton. Di atas meja kerja bisa kamu tambahkan foto-foto orang terkasihmu, bisa pasanganmu, pacarmu, keluargamu, atau bahkan foto selfiemu. Jika kamu termasuk pecinta bunga, maka tambahkan bunga dengan vas kecil agar memepermanis tampilan meja kerjamu. Tak memlulu bunga asli, bunga sintetis (bunga palsu) pun dapat menambah nilai estetis meja kerjamu. Bahkan dengan bunga palsu kita dimudahkan dalam segi perawatannya bukan. Kamu juga bisa gunakan paper note untuk mencatat hal-hal kecil yang harus kamu lakukan (anggap ini sebagai to do list versi sederhana, atau daily reminder versi kamu).


5.      Cek media social influencer favoritmu
 
Pic Source: google.com
Setiap orang pasti punya idola, entah siapapun itu. Ketika rasa bosan melanda, bisa kamu siasati dengan mengecek media social dari influencer favoritmu. Baca dan carilah postingan-postingannya yang menginspirasi, inspirasi di sini bisa berupa apa saja yang dapat menarik perhatianmu, entah itu fashion, food, film, drama, charity, lifestyle, or anything. Selama contoh-contoh tersebut bernilai positif maka ambillah hikmahnya, jadikan sebagai motivasi untuk diri sendiri.
 

6.      Minuman hangat
 
Pic Source: unsplash
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan bisa kamu lakukan dengan cara meminum minuman hangat yang kamu sukai. Minuman hangat disini bisa kamu sesuaikan dengan minuman favoritmu, diantaranya kopi, teh, susu, atau coklat hangat. Dengan meminum minuman favorit, maka perasaan akan berubah menjadi bahagia dan lebih relaks.

Ketika rasa bosan tiba-tiba muncul saat di kantor, maka kamu tak perlu lagi senewen atau merasa kesal. Karena rasa bosan bisa kamu siasati dengan melakukan beberapa tips yang sudah aku share di atas. Apabila rasa bosan dapat ditangani dengan cara yang tepat, maka kinerja kita tidak akan terganggu serta pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Terimakasih sudah baca,




Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes