Jumat, 09 Oktober 2020

 

Photo by Artur Aldyrkhanov on Unsplash

 Bingung cara rawat rambut pasca berhijab? Coba baca artikel ini.

Pernah ga sih kalian bingung tentang perawatan rambut apa yang harus kalian pilih setelah mulai berhijab. Mungkin ini adalah permasalahan kita semua. Munculnya kondisi “baru” pada rambut kita membuat kita bertanya-tanya tips untuk merawat rambut bagi hijaber yang tepat itu seperti apa, apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga rambut para hijaber agar tetap sehat.

Pada dasarnya baik hijaber (orang yang mengenakan hijab) maupun bukan, sama-sama membutuhkan perawatan rambut yang sama berdasarkan kebutuhan rambut masing-masing individu. Namun, terkhusus untuk hijaber kita harus lebih extra care menjaga kesehatan rambut kita. Jangan sampai malas merawat rambut hanya karena sekarang rambut kita tertutup dengan hijab. Ingat, rambut tetaplah harus dirawat terlepas apapun kondisi rambut kita. Sebagaimana pepatah mengatakan “rambut adalah mahkota bagi wanita”, jadi meskipun “mahkota” tersebut kita tutupi dan lindungi penting untuk selalu kita rawat pula.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat rambut ala hijaber yang bisa kamu praktikkan untuk menjaga kesehatan rambut kamu:

1.              Rutin keramas

Meski tertutup hijab bukan berarti rambut kita terbebas dari debu dan polusi.  Oleh karenanya rutin keramas untuk menjaga kebersihan rambut sangatlah penting.  Tidak harus keramas setiap hari, namun keramas bisa kamu lakukan dua atau tiga hari sekali, atau bahkan kapan pun disaat rambutmu terasa kotor. Keramas dengan frekuensi yang terlalu sering dapat membuat rambut terasa semakin kering, maka penting untuk kita memperhatikan jadwal keramas kita. Ada baiknya untuk menyisir rambut sebelum keramas, hal ini membantu mengurangi kerontokan rambut.

2.              Gunakan kondisioner

Penggunaan kondisioner sebenarnya bersifat opsional, karena tidak semua orang suka menggunakan kondisioner. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jenis rambut atau kulit kepala yang berminyak, penggunaan kondisioner dapat membuat rambut mereka terasa lebih cepat lepek. Oleh karenanya penggunaan kondisioner dapat dikatakan bersifat opsional tergantung kebutuhan tiap-tiap individu.

Kondisioner dapat membantu rambut kita agar lebih ternutrisi dan lebih lembut. Dengan penggunaan kondisioner secara rutin dapat membuat rambut lebih sehat, lebih lembut, dan lebih ternutrisi.

3.              Gunakan hair tonic, hair serum atau vitamin rambut

Gunakan hair tonic untuk menjaga agar akar rambut tetap kuat dan tidak mudah rontok. Hair tonic dapat kita gunakan ketika setelah keramas pada saat kondisi rambut setengah kering. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dari hair tonic untuk rambut kita. Di pasaran terdapat berbagai macam jenis hair tonic, pilih dengan cermat hair tonic jenis apa yang dibutuhkan untuk rambutmu. Atau baca juga review tentang NR hair reactive tonic untuk kamu yang memiliki masalah kerontokan rambut.

Hair serum atau vitamin rambut merupakan pelengkap nutrisi bagi rambut kamu. Jika dirasa rambut kamu sangat rusak dan membutuhkan vitamin tambahan untuk menutrisinya, maka jangan ragu-ragu untuk menggunakan vitamin rambut. Pilih jenis vitamin rambut yang sesuai dengan tipikal dan kebutuhan rambut kamu.

4.              Gunakan hair mask atau creambath

Menggunakan hair mask ataupun melakukan creambath merupakan nilai plus dalam perawatan rambut. Tak melulu harus ke salon,  menggunakan hair mask ataupun melakukan crembath bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Dengan menggunakan hair mask ataupun melakukan crembath bisa membuat mood kamu menjadi lebih baik, lebih relaks. Dengan hasil rambut yang lebih sehat, lembut, wangi, dan suasana hati yang lebih ceria,   creambath merupakan salah satu agenda me time  yang cukup menjanjikan bukan. Ritual creambath ataupun hair mask dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut minimal 1 kali dalam satu atau dua bulan.

5.              Hindari menyisir rambut dalam kondisi basah

Menyisir rambut dalam kondisi basah, terdengar sepele bukan. Namun, tahukan kamu. Ketika kita menyisir rambut dalam keadaan basah dapat mengakibatkan volume rambut rontok meningkat. Hal ini dikarenakan dalam keadaan basah, akar rambut yang lemah akan lebih mudah terlepas dari kulit kepala dengan sentuhan lembut dari sisir rambut. Lebih baik tunggu hingga rambut setengah kering untuk mulai menyisir rambutmu.

6.              Perhatikan seputar ikat rambut

Bagi hijaber, mengikat rambut tiap hari tentu sudah menjadi keharusan demi menjaga keamanan rambut agar tidak nampak keluar dari hijab. Namun perlu kita perhatikan, ketika mengikat rambut pastikan rambut dalam kondisi yang benar-benar kering. Hal ini penting karena apabila rambut diikat ketika masih basah, dapat memicu kerusakan pada rambut diantaranya; rambut patah, rambut bercabang, rambut menjadi melengkung, dan ikal.

Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Berikan sedikit ruang bagi rambut untuk bisa bernafas, agak rambut tidak mudah rusak dan rontok. Memilih bahan ikat rambut yang baik juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk menjaga kesehatan rambut kita. Pilihan bahan yang nyaman dan tidak merusak rambut kita.

7.              Biarkan rambut bernafas

Setelah seharian diikat dan ditutupi dengan hijab. Maka rambut juga perlu diberi waktu untuk beristirahat. Salah satu caranya yakni membiarkannya terurai ketika di rumah. Namun apabila dirumahpun anda diharuskan mengenakan hijab, maka pilihlah hijab yang longgar agar rambut dapat sedikit bernafas. Usahakan untuk mengurai rambut ketika tidur di malam hari.

8.              Pilih bahan hijab yang tepat

Pilihlah bahan hijab yang dapat menyerap keringat dengan baik agar mengurangi tingkat kelembaban pada rambut yang tertutup seharian. Biasakan menggunakan hijab dengan bahan yang nyaman dan tidak panas. Untuk kegiatan sehari-hari anda bisa menggunakan hijab berbahan kaos ataupun katun agar lebih nyaman dalam beraktifitas. Selain memerhatikan bahan hijab yang tepat, biasakan untuk tidak mengenakan hijab ketika masih basah. Pastikan rambut dalam keadaan benar-benar kering ketika mengenakan hijab.

9.              Hindari styling rambut secara berlebihan

Menghindari styling rambut yang berlebihan merupakan salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut kamu. Sebisa mungkin hindari godaan styling rambut agar rambut tetap sehat. Namun jika sudah terlanjur melakukan styling rambut, maka imbangi dengan perawatan rambut yang lebih agar rambut tetap sehat dan terjaga dari kerusakan.

10.          Cukupi asupan nutrisi dari dalam

Cukupi asupan nutrisi alami bagi rambut kamu dari berbagai makanan yang sehat dan alami. Misalnya; sayur-sayuran, buah-buahan, dan perbanyak minum air putih. Jika merasa perlu, meminum suplemen vitamin dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi bagi rambut kita.

Meski berhijab bukan berarti melupakan perawatan bagi rambut kita. Karna rambut perlu perawatan juga, selayaknya bagian tubuh kita yang lainnya. Ayo lebih cermat, agar rambut lebih sehat.

Terimakasih sudah baca,



Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes