Jumat, 13 Maret 2020

Photo by Brooke Lark on Unsplash

“Sehat”
 
Simple tapi sangat berarti, disaat tubuh sehat biasanya kita cenderung mengabaikan untuk menjaga kesehatan itu sendiri. Namun, ketika sakit melanda barulah kita menyadari betapa berharganya kesehatan itu. Bahkan tak jarang pula, kita rela melakukan apa saja untuk mendapatkan kesehatan kita kembali. Tak peduli gender, tak peduli usia, tak peduli apa dan siapa setiap orang pasti pernah merasakan sakit. Bisa jadi sakit merupakan alarm alami dari tubuh kita bahwa fisik kita kelelahan, atau terdapat sesuatu yang tidak semestinya dalam tubuh kita misalnya virus ataupun penyakit. Ketika sakit, maka segeralah periksakan diri ke dokter terdekat untuk segera mengetahui penyakit apa yang kita derita agar dapat segera di obati dengan cara yang tepat.
Mengingat betapa pentingnya kesehatan penting pula bagi kita untuk menjaga kesehatan itu sendiri, sebagaimana pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”.  Maka langkah pencegahan ini bisa kita lakukan dengan cara menjaga kesehatan dan kebugaran diri kita. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh kita, yaitu:
1.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
 Menjaga kebersihan diri dan lingkungan kita itu merupakan langkah awal diri kita dalam membentuk pertahanan diri dari serangan virus ataupun kuman. Karna kita tidak pernah tau kapan virus ataupun kuman hinggap dan mulai menyerang kekebalan tubuh kita yang bisa menyebabkan kita sakit. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memastikan kebersihan lingkungan tempat kita tinggal, kebersihan diri kita, kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi.
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan bisa kita lakukan dengan beberapa langkah berikut; 1) biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya, hal ini dapat mencegah kuman dan bakteri yang ada pada sampah dan kotoran agar tidak menyebar pada lingkungan sekitar, 2) biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, 3) biasakan membuang perlatan yang tidak dipakai dan jangan biarkan air menggenang didalamnya, agar tidak digunakan nyamuk untuk berkembang biar, 4) biasakan memakan makan yang sehat dan bersih.
2.      Rutin berolahraga
Photo by Chander R on Unsplash
Sesibuk apapun kita, usahakan agar kita tetap berolahraga. Tidak perlu olahraga yang ekstrem, olahraga yang ringan pun tak masalah asalkan kita rutin melakukannya. Olahraga penting bagi tubuh kita, karna dengan berolahraga dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita, membantu proses  metabolisme, membantu membentuk sistem imun, membantu melancarkan peredaran darah serta membentuk mood yang baik.
Usahakan untuk berolahraga minimal satu kali dalam seminggu. Pilih dan lakukan kegiatan olahraga yang kamu gemari, hal ini bertujuan untuk membangun mood yang baik dalam rangka memulai komitmen untuk rutin berolahraga. Jika kamu tidak menyukai olahraga yang terlalu berat, maka yoga atau senam aerobic bisa menjadi alternatif pilihanmu.  Atau kamu juga bisa mengikuti trend yang sedang ada, seperti halnya trend yang sedang booming di akhir tahun 2019 – awal 2020 ini, yakni bersepeda. Kamu bisa bersepeda sendiri melalui jalan pedesaan yang tenang dan jauh dari keriuhan kota, hal ini bertujuan agar tubuh dan pikiran menjadi rileks serta bugar. Atau kamu juga bisa ikut komunitas bersepeda agar dapat membantumu untuk lebih bersemangat dan konsisten dalam berolahraga.
3.      Makanan sehat
Photo by Brooke Lark on Unsplash
“You are what you eat”. Pernah mendengar pepatah tersebut? Yups, jika kita telaah memang benar demikian bahwa kamu adalah apa yang kamu makan. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa penyakit yang muncul akibat makanan yang kita makan, misalnya obesitas, aterosklerosis, demensia, depresi, dll (dikutip dari liputan6.com). Penting bagi kita menjaga kesehatan kita dengan mulai menjaga makanan kita, mulai menjaga kebersihannya, menimbang nutrisi yang kita dapatkan dari makanan tersebut. Serta tinggalkan makanan yang tidak bermanfaat dan membawa dampak buruk bagi kesehatan kita.
Hindari memakan makanan yang telah melalui terlalu banyak pengolahan, hal ini dapat menimbulkan resiko rusaknya kandungan alami makanan atau bahkan munculnya zat yang bersifat karsinogenik yang dapat menimbulkan penyakit dalam tubuh. Dilansir dari alodokter.com zat karsinogen diduga juga berasal dari makanan yang mengandung bahan tambahan (zat aditif) seperti sakarin dan aspartam, makanan yang tercemar pestisida, limbah industri, atau logam berat, serta dari bahan pengawet atau pewarna makanan seperti nitrat, boraks dan formalin. Memakan makanan yang sehat dan alami dapat menjadi solusi bagi kesehatan tubuh.
4.      Minum air putih
Seperti yang kita ketahui bahwa sekitar 43-59% tubuh manusia terdiri dari air, maka penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan tubuh kita yakni dengan memastikan bahwa tubuh kita terhidrasi dengan baik (dikutip dari doktersehat.com). Minumlah air putih yang sehat dan kaya akan mineral untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi air putih memang membawa dampak yang baik bagi kesehatan, namun harus kita batasi agar tidak terjadi overhidrasi (keracunan air) yakni jangan melebihi konsumsi 3-4 liter per harinya. Namun kebutuhan air bagi tiap orang dapat berbeda, tergantung pada usia, gender dan kegiatan yang dilakukannya. 
5.      Kurangi gula
 
Gula memang penting bagi tubuh kita untuk membangkitkan energi. Namun perlu kita ketahui ketika tubuh kurang gerak sehingga menyebabkan proses metabolisme tidak maksimal, maka tubuh dapat mengubah gula yang tidak diproses dalam tubuh menjadi lemak. Hal inilah mengapa kita dapat menjadi gemuk tanpa kita sadari. Terlalu banyak gula juga dapat menimbulkan resiko terkena penyakit diabetes. Bahkan dikutip dari national geographic menyebutkan bahwa kelebihan mengonsumsi gula dapat menimbulkan berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung, obesitas dan hiperglikemia, kerusakan gigi, bahkan alzheimer.
Mengurangi konsumsi gula dapat kita lakukan dengan membatasi mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Jika kita menginginkan rasa manis yang lebih menyehatkan, maka kita bisa memakan buah-buahan tanpa tambahan produk lain hal ini bertujuan agar manis alami dari buah tersebut kita dapatkan serta manfaat sehatnya juga kita dapatkan.
6.      Istirahat yang cukup
 
Beristirahat merupakan salah satu cara tubuh kita untuk membangkitkan energi secara alami. Tubuh manusia bukan mesin, sehingga butuh diistirahatkan. Bahkan mesinpun bisa cepat rusak jika dipaksa untuk bekerja terus menerus tanpa diistirahatkan. Maka berikanlah hak tubuhmu untuk beristirahat yang cukup demi menjaga kesehatanmu. Usahakan untuk istirahat atau tidur minimal 8 jam dalam satu hari. Kurangi begadang jika tidak ada manfaatnya, karna dengan begadang secara terus menerus dapat mengganggu kesehatan tubuh. 
7.      Gaya hidup yang sehat
 
Dewasa ini masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat bisa kita mulai dari diri kita sendiri, dengan cara berhenti merokok, berhenti minum minuman keras, berhenti makan junk food, mulai memakan makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Lalu tularkan nilai-nilai positif dari gaya hidup sehat kepada orang sekitar kita, agar semua menjadi sehat.
8.      Berfikir positif
 
Photo by Jared Rice on Unsplash
Salah satu cara untuk menjaga diri kita agar tetap sehat adalah dengan berfikir positif. Dengan berfikir positif atas segala sesuatu yang kita alami, maka hal ini dapat membantu kita untuk dapat mengontrol emosi kita. Sehingga kita bisa berfikir jernih, terhindar dari resiko tekanan darah tinggi, resiko seragan jantung serta dapat membuat kita tetap sehat dan awet muda.
Menjaga kesehatan memang terasa susah pada awalnya, namun jika kita mengingat besarnya manfaat yang dapat kita peroleh setelahnya apakah kita akan terus mengabaikannya? Jika kamu membutuhkan motiviasi agar bisa memulai dan konsisten dalam menjalani kehidupan yang sehat, maka bisa kamu ikuti berbagai tips sehat dari dr. Zaidul Akbar. Beliau merupakan pakar dalam menjaga kesehatan tubuh dan telah memiliki followers yang begitu banyak di media sosial miliknya karena tips yang dibagikan memang bermanfaat, berdasarkan ilmu serta tidak asal-asalan sehingga sangat aman untuk kita ikuti dan terapkan dalam kehidupan kita.
Sudah menemukan motivasi untuk memulai hidup sehat? Mulailah membangun motivasi dalam diri sendiri untuk memulai hidup sehat agar hidup lebih bahagia, bermakna, dan bermanfaat bagi sesama. Ingat, jika tubuh kita sehat maka banyak aktifitas yang dapat kita lakukan, banyak kreatifitas yang tercetus, maka niscahya kebagahiaanpun akan tercipta dengan sendirinya.

 Terimakasih sudah baca,

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes