Selasa, 31 Maret 2020

Source: Mohammed Frhat


Kado wisuda antimainstream tapi penuh makna.

Memasuki bulan-bulan musim wisuda nih, pasti bingung mau cari kado wisuda apa yaa buat temen, pacar, sahabat, kerabat atau siapapun itu. Pasti ga mau kan kasih kado wisuda yang biasa-biasa aja, pasti pengen ngasih sesuatu yang bagus, bermakna, bermanfaat dan pastinya bikin inget terus sama kamuuu 😍. Tenang dalam artikel kali ini aku akan membahas seputar referensi kado-kado wisuda yang antimainstream bagus dan bermakna versi aku.
Nah sebelum kita bahas soal kado-kado-an nih, kita harus tahu lebih dahulu nih siapa sih orang yang akan kamu kasih kado buat wisuda nanti. Kalo bisa cari tahu warna kesukaanya apa, atau dia ngefans banget sama apa, sukanya apa, makanan favoritnya apa, lagi jomblo apa ga gitu. Ah ribet amat kak mau kasi kado doangan Hem, oke deh kita skip aja phase nanya-nanya itu.
Sebelum mulai cari kado yang pas buat someone special itu, kamu harus nyiapin dulu kira-kira budget berapa sih yang mau kamu siapin buat ngado si doi. Apalagi nih ternyata sahabat-sahabat kamu wisuda dalam waktu yang bersamaan bareng si doi juga, nah tuh harus banget siapin budgetnya (nabung dulu kalo perlu). Karna ga mau kan hanya karna budget terbatas jadi cuman satu orang aja yang dikasih kado, sedangkan yang lain di skip gitu aja. Ini mah jahat banget ferguso.
Setelah menyiapkan budget yang pas untuk kado wisudanya, kamu bisa mulai mencari referensi buat kasih kado apa yang pas buat someone special kamu. Kamu bisa cari referensi dari berbagai tempat, dari blog (blog ini misalnya), instagram, twitter, facebook, website penjual kado-kadoan dan tanya referensi dari teman-temanmu. Pertimbangkan kado apa yang dirasa cocok untuk someone special kamu.
Berikut ini beberapa referensi kado wisuda antimainstream versi aku biar kado wisudamu ga gitu-gitu aja, yaitu:

1.       Flower in frame

Source: media.karousell.com

Baca judulnya aja udah bingung pasti kan. Eitss jangan bingung dulu, karna flower in frame ini adalah salah satu kado untuk wisuda yang sangat bagus dan bisa kamu berikan untuk perempuan maupun laki-laki. Di jaman modern seperti sekarang ini, desain shabby chic sedang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan masyarat nah flower in frame ini termasuk salah satunya. Tak sekedar bunga dalam bingkai saja, kamu bisa custom nama untuk si penerima dan tulisan doa atau harapan apa yang kamu berikan untuk si penerima kado.
Selain berkesan, kado ini sangat bermanfaat sebagai pemanis ruangan. Biasanya flower in frame bisa digantung atau diletakkan di atas meja. Flower in frame biasanya dipajang di kamar, ruang kerja, ataupun di ruang keluarga bahkan di ruang tamu. Nah kado wisuda flower in frame ini dijamin ga bakal jadi sia-sia deh, selain bagus, berkesan juga sangat bermanfaat bukan.
Flower in frame bisa kamu pesan di berbagai penjual shabby chic atau penjual kado wisuda yang sudah banyak membuka lapak di berbagai lapak online, tinggal search aja pilih toko mana yang kamu mau. Untuk harga flower in frame cukup bervariasi tergantung material yang digunakan dalam pembuatan frame maupun berbagai isian pemanis didalamnya.

2.      Piala acrylic
Source: cf.shopee.co.id

Meski terdengar biasa, tapi piala acrylic yang satu ini beda dari piala-piala yang lain. Piala acrylic untuk kado wisuda biasanya akan dipermanis dengan foto si penerima kado, lengkap dengan nama dan juga gelar sang penerima. Jika kamu menginginkan, kamu juga bisa tuh menambahkan doa-doa untuk si penerima di piala yang satu ini.
Sesuai dengan namanya, piala acrylic ini biasanya terbuat dari acrylic. Namun tak jarang juga yang mengkombinasikannya dengan kayu, hal ini tergantung permintaan kamu dan ketersediaan barang dari si penjual ya gaes. Selain sebagai bentuk hadiah wisuda, piala acrylic ini juga bisa digunakan sebagai pajangan dan kenang-kenangan setelah wisuda. Untuk satu piala acrylic biasanya dibanderol dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah, hal ini tergantung dengan ukuran piala dan material apa saja yang digunakan. Untuk mencari piala acrylic bisa kamu cek di shopee, atau di berbagai media sosial lainnya. 

3.      Foto kolase
 
Source: garam photoproject

Bukan sembarang foto kolase yang kamu berikan sebagai kado wisuda. Melainkan gunakan foto utama yang bertema wisuda, sidang skripsi atau foto apapun yang menunjukkan foto seorang diri si penerima kado. Lalu sebagai bacground dari foto utama biasanya akan diisi dengan berbagai foto-foto milik si penerima kado dan jangan lupa berikan nama serta gelar barunya agar lebih afdol sebagai kado wisuda.
 Biasanya ketika memesan foto semacam ini kita akan diminta untuk memberikan akun instagram milik si penerima kado guna mengumpulkan foto-foto yang akan di gunakan untuk membuat foto kolase tersebut. Harga dari satu foto kolase ini juga beragam mulai dari 50 – 100 ribuan, tergantung ukuran yang kamu inginkan dan kulitas gambar serta bingkainya.

4.      Sketsa
 
ilustration pic

Sketsa wajah si penerima kado ditambah dengan untaian doa terindah yang dipanjatkan untuknya merupakan salah satu kado manis yang bisa kamu persembahkan untuk sahabat ataupun teman tersayangmu. Bisa juga nih kamu kasih sketsa foto berduamu dengan sahabat tercinta, makin terasa spesial dengan berbagai doa tulus yang kamu lantunkan untuknya.

Source: Mas Ndop

Di intagram sudah banyak akun yang menawarkan jasa sketsa wajah untuk kado wisuda nih gaes. Tinggal kamu cari aja tuh yang kamu suka dan sesuaikan dengan budget yang ada. Kalo sudah cocok langsung chuss order. Namun jika kamu tidak terlalu suka dengan sketsa wajah, maka vector bisa menjadi pilihan alternatifmu. Untuk salah satu penyedia jasa vector terpercaya bisa kamu cek di instagram Mas Ndop.

5.      Cosmetic bouquet

Source: i.pinimg.com

Ini merupakan salah satu kado yang bener-bener antimainstream nih gaes, karna apa? Iyaps betul, karna bukan sembarang bouquet yang dipersembahkan untuk orang tersayang melainkan serangkaian cosmetic yang dipersembahkan khusus untuknya. Tentunya untuk kado yang satu ini terkhusus dipersembahkan hanya untuk kaum perempuan saja yaa gaes, masak iya kamu mau ngado make up buat cowok πŸ˜…πŸ˜†πŸ€­. 
Meski terbilang spesial, namun ketika kamu memutuskan untuk memberikan cosmetic bouquet kamu harus tahu dengan pasti nih gaes make up apa yang biasa digunakan oleh si penerima kado. Untuk mengetahui make up yang biasa digunakan, bisa kamu perhatikan saja brand apa yang sering doi pakai atau bisa kamu ingat-ingat brand apa yang lagi pengen doi coba. Perlu diingat gaes, untuk harga serangkaian make up itu ga murah, jadi kamu harus siapkan budget khusus untuk memberikan kado spesial ini.
Biasanya kado seperti ini bisa kamu order pada penyedia jasa kado wisuda, atau pada penyedia jasa hantaran nikahan. Namun jika kamu pandai untuk membuat bouquetnya sendiri, tanpa ragu-lagu lagi tinggal beli serangkaian make up-nya lalu langsung saja dibentuk menjadi bouquet sesuai yang keinginan kamu. Kado cosmetic bouquet seperti ini cocok banget untuk mereka yang punya side job sebagai beauty blogger (kayak aku inih) 🀭, atau mereka yang suka dandan, atau yang lagi belajar make up.
But, harus kamu ingat jika teman yang ingin kamu kado tergolong pada perempuan yang ga suka dandan atau bahkan ga mau dandan sama sekali maka jangan sekali-sekali kamu memberikan kado ini karna akan mubadzir nantinya a.k.a ga kepakai sama sekali. Ga mau kan kalo kado yang kamu kasih ga berkesan dan ga  bermanfaat sama sekali buat doi.

6.      Gold

Source: google.com

Bicara soal emas, siapa sih yang ga suka sama logam mulia yang satu ini apalagi kalo dikasih gratisan yaa khan😎. Selain terkesan eksklusif, kado emas ini bisa berfungsi menjadi investasi tambahan bagi si penerima kado. Jika ingin memberikan kado emas bisa kamu berikan dalam bentuk emas batangan selain menjadi bentuk investasi, emas batangan yang dikemas dalam bingkai dapat mempercantik ruang tidur si penerima kado.
Selain dalam bentuk emas batangan, kado emas juga bisa kamu berikan dalam bentuk bross. Karena setelah wisuda pasti orang akan sering melakukan lamaran pekerjaan dan melakukan lamaran kerja. Nah, bros emas yang kamu berikan bisa mempermanis tampilan doi saat lamaran kerja nanti. Jadi sangat bermanfaat bukan memberikan kado wisuda dalam bentuk emas.

7.      Buat karya otetikmu
 
Source: www.google.com
Karya otentik yang bisa kamu persembahkan sebagai kado wisuda bisa berupa apa saja. Beragam dan tidak terbatas tentunya. Jika ingin membuat karya otentikmu menjadi istimewa dan berkesan untuk dia yang tersayang, maka jauh-jauh hari sebelum hari wisuda datang harus kamu siapkan konsepnya terlebih dahulu. Buat konsep mengenai apa yang ingin kamu buat, kemudian aplikasikan pada hal yang disenangi oleh si penerima kado wisuda tersebut. Kamu juga bisa memberikan flower in frame karya otentikmu, dengan tambahan foto yang penuh kenangan bersama si penerima kado.

Source: google.com

Lukisan pun bisa kamu jadikan alternatif, jika kamu memang jago dalam melukis dan ingin memberikan lukisanmu sebagai kado wisuda maka kamu bisa melukis “dia” si penerima kado dengan latar belakang kota atau negara favoritenya. Tuangkan ide-ide kreatifmu dalam membuat karya hasil otentikmu, lakukan dengan penuh cinta dan keikhlasan, maka niscaya hasilnya akan benar-benar memukau si penerima kado.

 Sudah menemukan inspirasi untuk mencari kado yang tepat untuk someone special mu? Pilih dengan hati dan libatkan selera si penerima kado agar kado semakin terasa spesial. Jangan lupa pertimbangkan budgetmu, jangan memaksakan untuk memberikan kado yang diluar kemampuanmu. Pertimbangkan juga manfaat dari kado yang akan kamu berikan, agar kadomu ga berlalu sia-sia.
Tambahkan doa-doa terbaik untuk si penerima kado, ini merupakan salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. Jika memang tidak memungkinkan untuk menuliskan doa-doa tersebut dalam kado yang disiapkan, maka tulislah doa terbaikmu dalam secarik kertas atau pada gift card, jika memang tidak ada waktu atau terlupa untuk menulisnya maka sampaikan secara langsung doa terbaikmu untuk dia.
Sebelum mencari kado yang bagus, perbanyaklah referensimu. Jika memungkinkan tanyakanlah pada orang-orang di sekelilingmu untuk mencari informasi lebih jauh terkait kado yang ingin kamu berikan. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan kado dari seller terpercaya berdasarkan pengalaman orang-orang disekitarmu. Nah udah ketemu kado yang pas untuk dia di wisudanya nanti? Kalo udah ketemu kado yang pas, chuss langsung eksekusi aja tuh.


Terimakasih udah baca,

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes